Jumat, 22 Juni 2012

Apakah Eksperimen Itu??



       Kata "eksperimen" berasal daru bahasa latin "eksperimentum" yang memiliki arti "percobaan, pengujian, bukti". Eksperimen merupakan dasar ilmu pengetahuan alam modern. Di dalam eksperimen terdapat sistematika percobaan yang digambarkan secara gamblang dan dapat dipandu dengan sebuah pernyataan hipotesisi (dugaan). Setiap eksperimen ilmiah harus dapat diuji ulang oleh orang lain dengan berpedoman pada langkah-langkah pengujian yang digambarkan secara rinci sehingga menghasilkan kesimpulan yang sama dan dengan perhitungan yang dapat dipahami.
   
     Melalui pengukuran dan perhitungan di dalam eksperimen, orang dapat membuktikan bahwa peristiwa tertentu menghasilkan sebuah hukum. Contohnya, suhu tubuh manusia normal adalah antara 37 derajat C - 37,5 derajat C. Maka, penyimpangan dari standar tersebut merupakan petunjuk bahwa di dalam tubuh terjadi reaksi yang tidak biasa sehingga muncul gangguan. Seandainya kamu mengukur suhu tubuhmu dan temperaturnya menunjukan suhu 38,5 derajat C, berarti kamu sedang dalam keadaan demam dan kesehatanmu terganggu.

     Semua penyebab gangguan diteliti di dalam penelitian melalui berbagai macam eksperimen hingga ditemukan cara mengatasi gangguan yang muncul. Oleh karena itu, seorang dokter dapat mengetahui bagaimana cara menurunkan demam.

      Blog ini akan membantu kamu memberikan pemahaman yang menakjubkan tentang keadaan alam di sekitar kita sehingga kamu dapat merenunginya dan mengaguminya. Langkah dan sistematika percobaan dalam blog ini dapat membangkitkan minat kamu untuk mempraktikan dan mendorong kamu untuk menguak rahasia alam. Bahkan, jika kamu tidak mencoba semua eksperimen sekalipun atau tidak semua eksperimen berhasil, setelah mempelajari buku ini, kamu akan memandang lingkungan sekitarmu dengan pandangan dan persepsi berbeda


2 komentar:

  1. saya suka bereksperimen sob :)
    ditunggu kunjungan dan komen baliknya disini :)
    http://better-right.blogspot.com
    #senggol G+ juga ya sob :)

    BalasHapus

 

Followers

Ikuti lewat Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Mobile Version