Kamis, 09 Agustus 2012

Tahukah kamu? Jantung Terbagi 4(empat) ruang

  Jantung berguna untuk memompa dan mendorong darah ke seluruh tubuh. Darah yang mengandung oksigen dan sari-sarimakanan akan diedarkan ke seluruh tubuh agar tubuh kita bisa bekerja dengan baik.
 
  Jantung terletak di rongga dada bagian kiri tengah. Tepatnya di antara paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Bentuknya seperti buah pir. Beratnya sekitar 355 gram dan ukurannya sebesar kepalan tangan masing-masing orang. Kita dapat merasakan detak jantung dengan meletakkan tangan di dada kita.
   Jantung terbagi menjadi jantung sebelah kanan dan kiri. Setiap bagian terdiri dari ruang atas (serambi) dan ruang bawah (bilik). Jadi, jantung terbagi menjadi empat ruang. Diantara ruang atas dan bawah terdapat katup yang bisa membuka dan menutup. Katup-katup itu menjaga agar darah tidak mengalir terbalik. Detak jantung yang kita rasakan adalah suatu katup jantung membuka dan menutup.


Cara kerja jantung
Darah pada pembuluh balik yang berasal dari seluruh tubuh akan masuk ke dalam serambi kanan dan diteruskan ke dalam bilik kiri. Darah ini mengadung banyak karbondioksida yang harus dibuang dari tubuh kita. Selanjutnya darah dari bilik kanan akan masuk ke paru-paru. Pada pembuluh darah yang terdapat pada kantung udara di paru-paru inilah terjadi pertukaran gas karbondioksida dan oksigen. Kemudian darah yang kaya oksigen tersebut akan masuk ke serambi kiri, bilik kiri untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi. Nah, kira-kira apa yang terjadi bila jantung kamu berhenti berdenyut?


Diambil dari: Mari Belajar Sains Untuk Anak

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Ikuti lewat Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Mobile Version