Jumat, 10 Agustus 2012

Terjun Bebas

Selamat siang :), di siang yang cerah ini saya akan posting artikel eksperimen sederhana yang gampang banget dipraktekkan dirumah, mungkin eksperimen ini merupakan dasar dari teori Galileo Galileiitu lho teori yang berpendapat bahwa: "baik benda berat maupun ringan jatuh pada kecepatan yang sama, kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara"nah untuk lebih jelasnya lagi, mending langsung coba aja nih eksperimen, cekidot

 
Alat dan Bahan:

  • 2 lembar kertas yang berukuran sama
  • 1 meja atau kursi
Langkah-Langkah:
  1. Letakkan selembar kertas di atas meja dan remas-remas kertas yang lain sehingga terbentuk sebuah bola kertas.
  2. Berdirilah di atas meja atau kursi, lalu secara bersamaan jatuhkan kertas yang telah diremas-remas dan kertas yang masih dalam bentuk lembaran dari ketinggian yang sama.
Apa yang Akan Terjadi?
Kertas yang telah diremas akan meluncur jatuh lebih cepat daripada kertas yang tidak diremas.

Mengapa Demikian?
Seandainya tidak terdapat udara, semua benda akan meluncur jatuh secara lurus dengan cepat ke tanah karena pengaruh gravitasi. Udara dapat menghambat jatuhnya sebuah benda. Makin lebar permukaan sebuah benda. Makin lebar permukaan sebuah benda (misalnya, selembar kertas) maka semakin besar hambatan udara, sehingga benda akan jatuh dengan lebih lambat dan tidak lagi jatuh lurus. Kertas yang diremas hanya memiliki sedikit hambatan sehingga kertas dapat meluncur dengan lurus dan cepat. Kertas yang masih dalam bentuk lembaran akan melayang dengan perlahan ke tanah. Seberapa cepat sebuah benda jatuh tidak bergantung pada berat benda, melainkan pada bentuk benda tersebut. 

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh: 
Setiap gerakan yang berada di permukaan Bumi harus diikuti dengan usaha melawan gaya gesek. Jika kamu melempar sebuah bola ke udara, gerakan ke atas dari bola akan dihentikan oleh hambatan udara dan akhirnya bola akan meluncur ke tanah karena pengaruh gravitasi. Di angkasa luar yang hampa udara, sebuah satelit dapat terus melayang-layang berputar pada orbitnya. Satelit itu tidak akan berhenti karena di angkasa luar tidak ada udara sehingga tidak terjadi gesekan. Hambatan udara adalah gaya gesek yang mempengaruhi gerakan suatu benda saat menuju keatas. Makin tinggi kecepatan pergerakan sebuah benda, akan makin kuat hambatan udaranya. Sebutir kelereng yang terjatuh akan meluncur lebih keras ke tanah daripada segumpal kapas karena berat benda tersebut dan adanya gravitasi. Hambatan udara dari kelereng meningkat perlahan, sedangkan hambatan udara segumpal kapas meningkat dengan cepat. Daya hempas yang menjatuhkan kelereng ke tanah lebih tinggi daripada daya hempas segumpal kapas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Ikuti lewat Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Mobile Version