Jumat, 10 Agustus 2012

Antikarat

Alat dan Bahan:
  • 3 stoples bekas selai
  • Air dingin dan air hangat
  • Minyak 
  • 3 paku besi
  • Kertas ampelas
Langkah-Langkah:
  1. Gosoklah paku dengan kertas ampelas untuk menghilangkan bahan antikarat yang ada pada paku.
  2. Masukkan air dingin ke stoples pertama dan kedua, serta air hangat pada stoples ketiga.
  3. Tambahkan beberapa tetes minyak pada stoples yang berisi air hangat.
  4. Masukkan masing-masing sebuah paku ke dalam stoples yang berisi air dingin dan stoples yang berisi campuran air hangat dengan minyak. Lumuri salah satu paku dengan minyak sebelum kamu memasukkannya  ke dalam salah satu stoples berisi air dingin.
Apa yang Terjadi?
Setelah beberapa hari, paku yang ada di dalam air dingin akan berkarat, sementara paku yang ada di dalam stoples berisi air hangat dan minyak serta paku yang telah dilumuri minyak tidak berubah. Paku-paku tersebut tidak berkarat.

Mengapa Demikian?
Korosi terjadi karena adanya reaksi antara oksigen yang terkandung dalam air dengan besi, Lapisan minyak pada paku melindungi besi dari zat asam (oksigen). Gelas yang berisi air hangat tidak lagi mengandung oksigen karena oksigen akan terlepas bila dipanaskan. Untuk menghindari terjadinya peristiwa difusi yang mengakibatkan oksigen kembali terbentuk, maka air hangat perlu ditetesi minyak. Minyak tidak dapat bercampur dengan air sehingga tidak akan terjadi pelepasan udara. Itulah sebabnya paku yang dimasukkan ke dalam campuran air dan minyak tidak berkarat.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:
Oksidasi adalah persenyawaan zat kimia dengan oksigen. Peristiwa kimia yang menarik kembali oksigen disebut reduksi. Bahan oksidasi adalah bahan yang menyediakan oksigen agar proses oksidasi dapat berlangsung.
Para ahli kimia saat ini menyebutkan peristiwa pemberian elektron dari sebuah unsur (atom, molekul, ion) sebagai oksidasi sedangkan, sedangkan peristiwa penerimaan elektron disebut reduksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Ikuti lewat Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Mobile Version